Layanan Intervensi Fisioterapi

Share

Layanan Intervensi Fisioterapi

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

LAYANAN FISIOTERAPI PUSAT LAYANAN DISABILITAS KOTA BLITAR

 

  1. PENGERTIAN LAYANAN FISIOTERAPI

Fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan/atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang rentang kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis) pelatihan fungsi, komunikasi.

  1. SASARAN DAN RUANG LINGKUP LAYANAN FISIOTERAPI

A. Lingkup pelayanannya dari individu sampai masyarakat menyangkut promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Pelayanan Fisioterapi ditujukan kepada perorangan dan masyarakat dimana lingkup pelayanan fisioterapi adalah mengembangkan, memelihara, dan memulihkan serta yang menjadi bidang garapan Fisioterapi adalah maksimalisasi gerak dan kemampuan fungsional sedangkan sehat yang dimaksud fisioterapi adalah keadaan gerak penuh dan fungsional.

Fisioterapi menurut Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) 1363 pasal 12 dapat dijabarkan sebagai berikut :

1) Fisioterapis dalam melaksanakan praktek berwewenang untuk melakukan :

  1. Asesment Fisioterapi

Assesment termasuk pemeriksaan pada perorangan atau kelompok, nyata atau yang berpotensi untuk terjadi kelemahan, keterbatasan fungsi, ketidakmampuan atau kondisi kesehatan lainnya dengan cara pengambilan perjalanan penyakit (history Taking), skrening, tes khusus pengukuran dan evaluasi dari hasil pemeriksaan melalui analisis dan sintesa dalam sebuah proses pertimbangan klinis.

  1. Diagnosa Fisioterapi

Diagnosa ditegakkan dari pemeriksaan dan evaluasi dan menyatakan hasil dari proses pertimbangan/ pemikiran klinis, dapat berupa pernyatan keadaan disfungsi gerak, dapat meliputi/mencakup kategori kelemahan, limitasi fungsi, kemampuan/ketidakmampuan dan sindrom.

  1. Intervensi fisioterapi

Intervensi di implementasikan dan dimodifikasilkan untuk mencapai tujuan yang disepakati dan dapat termasuk penanganan secara manual, peningkatan gerakan, peralatan fisis, peralatan elektroterapeutik dan peralatan mekanis : pelatihan fungsional, penentuan bantuan dan peralatan bantu, instruksi dan konseling, dokumentasi dan koordinasi, komunikasi dan intervensi dapat juga ditujukan pada pencegahan ketidaknormalan (kelemahan), keterbatasan fungsi, ketidakmampuan dan cidera, termasuk juga peningkatan dan pemeliharaan kesehatan, kualitas hidup, kebugaran segala umur dan segala lapisan masyarakat

  1. Evaluasi/re-evaluasi/re-assesment

Dilakukan setiap penerapan proses fisioterapi agar dapat memaksimalkan tujuan yang akan dicapai.

B.  Sasaran Layanan Fisioterapi di Pusat Layanan Autis Kota Blitar dilakukan khusus bagi anak-anak dengan usia 2 tahun - 18 tahun untuk membantu mengatasi masalah terkait gerak tubuh dan keterlambatan perkembangannya, seperti : Keahlian motorik kasar, Keseimbangan dan koordinasi gerak, Penguatan daya tahan, kemampuan kekuatan otot, dan kognitif sensory integrasi,

Dan menurut undang - undang disabilitas tahun 2016 pasal 9 ayat 3 yang berbunyi ragam disabilitas meliputi :

  1. Penyandang Disabilitas Fisik (Cerebral Palsy, Paraplegi, Lumpuh Layu atau Kaku)
  2. Penyandang Disabilitas Intelektual (Down Syndrome, GDD, Retardasi Mental, Kesulitan Belajar)
  3. Penyandang Disabilitas Mental (Autis, ADHD, ADD); dan / atau
  4. Penyandang Disabilitas Sensorik

 

 

 

   JOB DISKRIPSI DAN TUGAS FISIOTERAPI

  1. Menyiapkan pemenuhan sarana, prasarana, dan peralatan palayanan fisioterapi
  2. Melakukan assessment Fisioterapi meliputi pengumpulan informasi berupa gangguan komponen meliputi : komponen kemampuan motorik, keseimbangan, koordinasi gerak, kekuatan otot dan kemampuan keseharian (daily living)
  3. Memberikan intervensi layanan Fisioterapi dengan metode yang berbasis bukti sesuai perkembangan keilmuan Fisioterapi
  4. Intervensi layanan Fisioterapi meliputi : penguatan otot anggota gerak atas dan anggota gerak bawah, massage, optimalisasi lingkup gerak sendi, pelatihan mobilisasi untuk anak yang mengalami hambatan aktivitas mandiri.
  5. Melakukan evaluasi secara berkala sesuai tujuan perencanaan program layanan intervensi Fisioterapi
  6. Pembuatan home program Fisoterapi yang ditujukan untuk memandirikan orang tua agar anak tetap mendapatkan stimulasi di rumah.

Statistik Pengunjung

Dilihat :   103573
Online :   2
Hari Ini :   23
Kemarin :   1431
Bulan Ini :   4579
Tahun Ini :   8964
Total :   43484

Kontak Kami

Pusat Layanan Disabilitas Kota Blitar

Alamat :   Jalan Simpang Kapuas No. 1, Kauman, Kepanjenkidul, Bendo, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar
No. Fax :   
No. Telp :   (0342) 4551162 / 085735075892
E-mail :   pldkotablitar@gmail.com

Peta Lokasi