Assessment
Pengertian |
|
|
Tujuan |
|
|
Dasar Hukum |
|
Kebijakan/ Ketentuan |
|
|
Unit/Pihak Terkait |
|
PROSEDUR ASSESMENT
No |
Prosedur Tetap |
Pelaksana |
Catatan Mutu Baku
|
|||
Peralatan |
Waktu |
Output |
||||
1. |
Pengumpulan instrument assesment |
Team assesment |
Meja, kursi, alat tulis |
1 hari |
Instrument assessment tersusun |
|
2. |
Diskusi team mengenai calon peserta didik observasi |
Team assesment |
Kursi, lembar pendaftaran/data anak |
|
Lembar Data Anak Terisi |
|
3. |
Persiapan ruangan dan alat |
Team assesment |
Kunci ruangan, remot AC, alat terapi wicara, alat okupasi, alat fisioterapi, alat peraga edukasi, kursi, meja |
|
Semua peralatan tersedia |
|
4. |
Perkenalan team observasi dengan orang tua dan calon peserta didik sekaligus mencari informasi pendukung |
Team assesment, anak, orang tua |
Ruang tunggu, meja, kursi |
|
Perkenalan antara team observasi dan anak, informasi yang dibutuhkan tersusun. |
|
5. |
Anak masuk keruang observasi dengan/tanpa orang tua |
Team Observasi, anak |
Ruang SI |
2 menit |
Terlaksananya anak masuk ruangan |
|
6. |
Pelaksanaan observasi di ruang SI/terapi |
Fisio terapis, okupasi terapis, terapis wicara, anak |
Alat terapi wicara, alat terapi okupasi, alat fisioterapi, peralatan ruang SI, handycam |
20 menit |
Observasi dalam ruang SI telah terlaksana |
|
7. |
Pelaksanaan observasi di ruang observasi perilaku/edukasi |
Terapis perilaku/edukasi, anak |
Kursi, meja, rak peraga, alat peraga edukasi yang sudah disiapkan, handycam |
10 menit |
Observasi dalam ruang observasi telah terlaksana |
|
8. |
Diskusi team observasi |
Team observasi |
Kursi, meja, kertas, alat tulis, data anak |
5 menit |
Hasil observasi sudah tersusun |
|
9. |
Pelaporan hasil observasi kepada Kepala PLA |
Team observasi, Kepala PLA |
Meja, kursi, kertas, alat tulis, data anak |
10 menit |
Hasil observasi sudah tersampaikan |
|
10. |
Kepala PLA menyampaikan hasil observasi kepada orang tua |
Kepala PLA, koordinator team observasi, orang tua |
Meja, kursi, data anak, laporan observasi secara tertulis |
15 menit |
Penyampaian hasil observasi ke orang tua terlaksana |
|
11. |
Persetujuan orang tua mengenai hasil observasi |
Kepala PLA, koordinator team observasi, orang tua |
Meja, kursi, laporan hasil observasi |
3 menit |
Persetujuan tentang hasil observasi oleh orang tua terlaksana |
|
12. |
(Untuk yang diterima) persetujuan orang tua mulai pelaksanaan terapi |
Kepala PLA, koordinator team observasi, orang tua |
Meja, kursi, laporan hasil observasi |
2 menit |
Persetujuan orang tua tentang jadwal terapi terlaksana. |
|
13 |
Selesai
|
|||||
ANGGOTA TIM ASSESMENT:
INSTRUMENT ASSESMENT
NO |
TUJUAN |
INSTRUMEN |
DIVISI |
|
Assesment umum |
|
Psikologi |
|
OT |
||
|
FT |
||
|
Wicara |
||
|
Pendidikan |
||
|
Identifikasi Autism |
|
Psikologi |
|
OT |
||
|
FT |
||
|
Wicara |
||
|
Pendidikan |
||
|
ADHD |
|
Psikologi |
|
OT |
||
|
FT |
||
|
Pendidikan |
||
|
Identifikasi Tuna Grahita dan Kesulitan Belajar |
|
Psikologi |
|
OT |
||
|
FT |
||
|
Wicara |
||
|
Pendidikan |
||
|
Cereberal Palcy |
|
Psikologi |
|
OT |
||
|
FT |
||
|
Wicara |
||
|
Pendidikan |
PANDUAN REKOMENDASI KONDISI ANAK
No |
Taraf Kecerdasan (IQ) |
Karakteristik anak |
Rekomendasi |
|
IQ Di atas 70 |
|
Sekolah Inklusi |
|
IQ Di bawah 70 |
|
Sekolah Luar Biasa (SLB) |
|
Anak mampu didik |
||
|
Anak mampu latih |
||
|
Anak mampu rawat |