Assessment

Share

Assessment

Pengertian

 

1. Assesment merupakan proses pengumpulan informasi untuk mendapatkan data yang relevan, objektif, akurat, dan komprehensif tentang kondisi anak saat ini

2. Assesment Dilakukan Untuk mengetahui profil anak secara utuh

 

Tujuan

 

1. Mengidentifikasi adanya ciri-ciri ASD dan kebutuhan khusus lain pada anak

2. Mengidentifikasi penanganan/terapi yang dibutuhkan anak

3. Mengidentifikasi cara belajar anak

4. Mengidentifikasi potensi yang dimiliki anak

5. Memberi support kepada orang tua

6. Memberikan rekomendasi yang bisa dilakukan oleh orangtua berkenaan dengan permasalahan anak

 

Dasar Hukum

1. SK Kepala Diknas Kota Blitar

2. SK Kepala Pusat Layanan Autis Kota Blitar

Kebijakan/ Ketentuan

 

1. Assesement dilakukan oleh Tim assesment yang terdiri dari Tim Psikologi, Tim Fisio terapis, Tim Okupasi terapis, Tim terapis Wicara, dan Tim Pendidikan.

2. Assesement dilaksanakan dalam waktu maksimal 4 bulan, dan maksimal 8 kali pertemuan (anak ABK); dan setiap periode ajaran baru (Inklusi).

3. Pelaksanaan assesment bukan seperti mengajar dan memberi terapi.

4. Hasil assesment merupakan diskusi team assesment

5. Hasil assesment akan disampaikan kepada Kepala PLD untuk kemudian disampaikan kepada orang tua anak pada waktu yang sudah ditentukan.

6. Berdasarkan hasil assessment, akan dibuatkan surat rekomendasi, sesuai dengan kondisi dan karakteristik anak (bagi yang mebutuhkan)

7. Merujuk pada pihak professional terkait, sesuai dengan hasil assessment

 

Unit/Pihak Terkait

 

1. Orang tua dan calon peserta didik

2. Pihak PLD, yaitu :

- TU

- Kepala UPT PLD 

- Team observasi (Psikolog, 1 Fisio terapis, 1 Okupasi terapis, 1 terapis Wicara, 1 Guru Pendidikan Khusus)

 

 

PROSEDUR ASSESMENT

No

Prosedur Tetap

Pelaksana

Catatan Mutu Baku

 

Peralatan

Waktu

Output

1.

Pengumpulan instrument assesment

Team assesment

Meja, kursi, alat tulis

1 hari

Instrument assessment tersusun

2.

Diskusi team mengenai calon peserta didik observasi

Team assesment

Kursi, lembar pendaftaran/data anak

 

Lembar Data Anak Terisi

3.

Persiapan ruangan dan alat

Team assesment

Kunci ruangan, remot AC, alat terapi wicara, alat okupasi, alat fisioterapi, alat peraga edukasi, kursi, meja

 

Semua peralatan tersedia

4.

Perkenalan team observasi dengan orang tua dan calon peserta didik sekaligus mencari informasi pendukung

Team assesment, anak, orang tua

Ruang tunggu, meja, kursi

 

Perkenalan antara team observasi dan anak, informasi yang dibutuhkan tersusun.

5.

Anak masuk keruang observasi dengan/tanpa orang tua

Team Observasi, anak

Ruang SI

2 menit

Terlaksananya anak masuk ruangan

6.

Pelaksanaan observasi di ruang SI/terapi

Fisio terapis, okupasi terapis, terapis wicara, anak

Alat terapi wicara, alat terapi okupasi, alat fisioterapi, peralatan ruang SI, handycam

20 menit

Observasi dalam ruang SI telah terlaksana

7.

Pelaksanaan observasi di ruang observasi perilaku/edukasi

Terapis perilaku/edukasi, anak

Kursi, meja, rak peraga, alat peraga edukasi yang sudah disiapkan, handycam

10 menit

Observasi dalam ruang observasi telah terlaksana

8.

Diskusi team observasi

Team observasi

Kursi, meja, kertas, alat tulis, data anak

5 menit

Hasil observasi sudah tersusun

9.

Pelaporan hasil observasi kepada Kepala PLA

Team observasi, Kepala PLA

Meja, kursi, kertas, alat tulis, data anak

10 menit

Hasil observasi sudah tersampaikan

10.

Kepala PLA menyampaikan hasil observasi kepada orang tua

Kepala PLA, koordinator team observasi, orang tua

Meja, kursi, data anak, laporan observasi secara tertulis

15 menit

Penyampaian hasil observasi ke orang tua terlaksana

11.

Persetujuan orang tua mengenai hasil observasi

Kepala PLA, koordinator team observasi, orang tua

Meja, kursi, laporan hasil observasi

3 menit

Persetujuan tentang hasil observasi oleh orang tua terlaksana

12.

(Untuk yang diterima) persetujuan orang tua mulai pelaksanaan terapi

Kepala PLA, koordinator team observasi, orang tua

Meja, kursi, laporan hasil observasi

2 menit

Persetujuan orang tua tentang jadwal terapi terlaksana.

13

Selesai

 

             

ANGGOTA TIM ASSESMENT:

  1. Najihah Dahriyati C. M.Psi., Psikolog
  2. Sakhiyyatus Sa’diyah M.Psi., Psikolog
  3. Ferriyanto, Amd.OT
  4. Risa Puspita Sari, Amd.FT
  5. Muntiah Nurlaily Str.Kes
  6. Irwan Fajarudin Fuadi, S.Pd

INSTRUMENT ASSESMENT

NO

TUJUAN

INSTRUMEN

DIVISI

  1.  

Assesment umum

  • Form observasi dan interview

Psikologi

  • Sensory Profile
  • Pemeriksaan Okupasi pada perkembangan anak
  • VMI

OT

  • Assesment pemeriksaan fisik
  • DDTK

FT

  • Assesment Pragmatik skill
  • Assesment Perkembangan Bahasa
  • Form Riwayat Kasus anak
  • Form oral – facial Exmination

Wicara

  • Asesment akademik

Pendidikan

  1.  

Identifikasi Autism

  • Form observasi dan interview
  • CARS dan CAT

Psikologi

  • Instrument Assesment Umum
  • GARS

OT

  • Instrument Assesment Umum

FT

  • Form 14.1 (ASD Screening form) untuk orangtua
  • Form 14.2 (Assesment Client with ASD) untuk anak

Wicara

  • Instrument Akademik

Pendidikan

  1.  

ADHD

  • Form observasi dan interview
  • Checklist ADHD

Psikologi

  • ADHDT
  • Instrument Assesment Umum

OT

  • Instrument Assesment Umum

FT

  • Instrument Akademik

Pendidikan

  1.  

Identifikasi Tuna Grahita dan Kesulitan Belajar

  • Instrument Assesment Umum
  • Tes IQ

Psikologi

  • Instrument Assesment Umum

OT

  • Instrument Assesment Umum

FT

  • Instrument Assesment Umum

Wicara

  • Instrument Akademik

Pendidikan

  1.  

Cereberal Palcy

  • Instrument Assesment Umum

Psikologi

  • Instrument Assesment Umum
  • NDT
  • Skala asworth
  • MMT
  • ROM

OT

  • Instrument Assesment Umum
  • MMT

FT

  • Instrument Assesment Umum

Wicara

  • Instrument Akademik

Pendidikan

 

PANDUAN REKOMENDASI KONDISI ANAK

No

Taraf Kecerdasan (IQ)

Karakteristik anak

Rekomendasi

  1.  

IQ Di atas 70

 

Sekolah Inklusi

  1.  

IQ Di bawah 70

 

 

 

Sekolah Luar Biasa (SLB)

  1. IQ antara 50 – 70

Anak mampu didik

  1. IQ antara 30 – 50

Anak mampu latih

  1. IQ kurang dari 30

Anak mampu rawat

 

 

Statistik Pengunjung

Dilihat :   118301
Online :   1
Hari Ini :   1
Kemarin :   0
Bulan Ini :   2753
Tahun Ini :   16154
Total :   50674

Kontak Kami

Pusat Layanan Disabilitas Kota Blitar

Alamat :   Jalan Simpang Kapuas No. 1, Kauman, Kepanjenkidul, Bendo, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar
No. Fax :   
No. Telp :   (0342) 4551162
E-mail :   pldkotablitar@gmail.com

Peta Lokasi